Minggu, 11 Januari 2009

Siapa Ingin Jadi Netpreneur?



“Siapa ingin jadi netpreneur?” Itulah kalimat yang saya ucapkan di awal memberi kuliah umum di Udinas Semarang, Senin lalu. Yang tidak saya duga-duga, 20% diantara 250-an mahasiswa S1 dan S2 yang hadir mengangkat tangan. Hebat! Lalu saya tanya lagi “Siapa yang ingin jadi profesional hebat di bidang teknologi dan Internet?” Hm.. kira-kira 20% an juga yang mengangkat tangan. Yang lain, bisa jadi malu-malu atau memang belum tahu mau kemana setelah lulus.

Yang jelas, banyaknya calon lulusan Udinus yang ingin jadi pengusaha di bidang Internet itu mengejutkan saya. Apa boleh buat, Semarang — dalam benak saya — bukanlah kota yang memberi inspirasi entrepreneurship yang tinggi, terutama di bidang Internet. Para enterpreneur Internet kebanyakan muncul di kota-kota bisnis seperti Jakarta dan sekitarnya, Surabaya, Bandung dan Jogja.

Mendapatkan respon yang menyenangkan seperti itu, semakin semangat saya menyampaikan makalah mengenai kewirausahaan di bidang Internet. Saya berikan info peluang bisnisnya, serta beberapa tips jika ingin terjun menjadi netpreneur. Tips terpenting, dan berlaku umum adalah:

“Sebagai mahasiswa, kecakapan akademis itu hukumnya wajib diasah, sehingga sang mahasiswa bisa mendapatkan IP nya tinggi. Namun, pada saat yang sama, jangan lupa untuk mengasah kecakapan non akademis, seperti kecakapan memimpin, melakukan negosiasi, menggertak, berkomunikasi, serta berbagai kecakapan lain yang tidak diajarkan di perguruan tinggi.”

Dulu, waktu kuliah, IP saya rendah. Hm.. amat rendah malah. Cuma 2,19. Namun, saya katakan kepada mereka, itu prestasi yang memalukan. “Jangan dicontoh,” kata saya. Dekan Fakultas Teknik Udinus, DR. Ir. Dwi Eko Waluyo, yang dulu adik kelas saya di Teknik Nuklir Universitas Gadjah Mada, tertawa mendengar kilah saya tersebut.

Sejujurnya, saya senang datang ke Udinus Semarang. Dulu, Universitas yang terkenal di Semarang hanya Undip (Universitas Diponegoro) dan Unisula (Universitas Sultan Agung). Kini tambah satu lagi, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang amat kuat bidang Teknologi Informasi. Bahkan Udinus kini juga memiliki teve lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar